Sunday, July 15, 2007

Iklan Ganja Terang-terangan?

Akhir Mei lalu, topik yang hangat adalah pengkajian BNN tentang kemungkinan melegalkan ganja. Karena itu, saya kaget saat dari jauh melihat headline sebuah standing banner.


"Hanya MADAT yang dapat menyajikan kesegaran terbaik dari alam," bacaku sampai dua kali. Buset jaya. Banner ini terletak di lantai dasar Parisj van Java, Bandung. Apa benar ganja sudah legal, sehingga iklan seperti ini bisa terang-terangan muncul?

Dan bunyi iklannya itu, lho. Memang sih, ganja dari alam. Segar? Entah juga. Perasaan saya sering mendengar cerita tentang pemadat. Tapi tidak pernah ada yang berkata seperti, "Eh, setelah sering bermadat, Erik jadi tampak lebih segar, lho."

Bayangkan Arie Wibowo tampil di sebuah iklan yang menunjukkan ia berolahraga, berakting, dan keluar-masuk mobil dengan fit. "Kok kamu bisa segar terus?" tanya seorang wanita (yang harus cantik).

"Karena saya seorang pemadat!" ujarnya pada kamera. Entah kenapa, gambaran iklan ini pun tidak terasa cocok.

Yang lebih menarik lagi, kok gerainya tidak laku? Apa karena sudah legal, jadi orang-orang tidak berminat? Gejala apa pula ini? Saya pun segera mendekat.

Lah, pantas saja. Setelah dekat, baru terlihat iklan lengkapnya seperti apa.



Ternyata titik di ujung itu seharusnya huruf "o", yang rupanya merek suatu juicer atau sejenisnya. Pantas ada nama buah dan tanaman. Tadinya saya sempat berpikir itu paket madat kombo atau madat sehat. Ngisap ganja sambil minum jus. Plus vitamin C dan E. Baik untuk kesegaran kulit.

______________

Baca juga:
- Kajian dari hukumonline.com

1 comment:

Ki Ageng Selaw said...

http://legalisasiganja.blogspot.com/