Friday, November 02, 2007

Slogan Gelagapan

Saya telat mengikuti berita. Dari blog Bizri, saya baru tahu, Agustus 2007 lalu, NASA sempat mengganti slogan mereka. Slogan yang baru adalah: “NASA explores for answers that power our future.”

Milyaran dolar untuk teknologi. Lima dolar untuk kampanye komunikasi pemasaran.

Wajar saja jika Loretta Hidalgo menantang para pembaca blog Wired: masa sih kita nggak bisa membuat slogan yang lebih bagus? Dalam artikel itu, kita bisa menyumbangkan ide atau menilai slogan yang ada (pilihanannya hanya dua: jempol ke atas atau ke bawah).

Ratusan orang menanggapi tantangan ini. Sebagian serius. Sebagian menumpang untuk mengkritik NASA. Sisanya ngasal. Dan justru dua terakhir yang menghibur.

Ada yang terkesan membela:

  • NASA: Because one does not simply walk into space.
  • NASA: Because the United Federation of Planets has to start *somewhere*
  • NASA: In 100 years, you'll wish you'd given us more funding.

Ada yang malah menertawakan:
  • Our space-toilet cost a million but crapping in it is priceless.
  • NASA: Because strapping men to tons of high explosive sends the right message.
  • NASA: Helping nerds have sex since 1958

Termasuk menertawakan hal lain:
  • NASA: Our Janitor Is Smarter Than The President
  • NASA: More leg room than any airline!
  • Because in space no one can hear Britney sing

Menertawakan diri:
  • NASA: Because Intelligent life is so hard to find these days.
  • The answer is up there in the galaxies. the question is where did I leave my beer?
  • NASA: Actually this *is* rocket science.
  • NASA: When I was your age, Pluto was a planet

Atau mengacu humor lain:
  • NASA: Tonight, We Dine, IN SPACE
  • NASA: Because millions of trekkies can't be wrong.
  • All your space are belong to U.S.
  • NASA: Billions Of Dollars Spent and Still No Death Star
  • NASA: Are we there yet?

Ada yang mau menambahkan? Atau lebih baik kita beralih pada slogan instansi pemerintah kita? Apalagi yang tidak sesuai kenyataan.

No comments: