Thursday, January 18, 2007

Pemasaran Viral: Main Game Wii Sekaligus Menguruskan Badan

Seorang entrepreneur menuliskan rencana eksperimen kebugarannya di blog: selama enam minggu, ia akan beraktivitas dan makan seperti biasa, kecuali satu perbedaan: ia akan main game olahraga dengan konsol Wii selama 30 menit per hari. Tentu saja, game yang ia mainkan meliputi tinju, tenis, dan boling. Kalau mainnya poker, gaple atau scrabble sambil mengunyah keripik kentang sih itu bukan eksperimen. Itu namanya kebiasaan sehari-hari.

Hasilnya?

  1. Persentase lemak tubuh: berkurang 1,8%
  2. Indeks Massa Tubuh: berkurang 0,8
  3. Berat Badan: berkurang 3,5 kilogram
  4. Detak jantung: dulu 82 per menit, kini 68 per menit
Menurut The American Council on Exercise, sang blogger dulu masuk dalam kategori "cukup". Namun kini, ia masuk dalam kategori "bugar".

Dengan menumpangi isu ini, sang blogger berhasil menarik perhatian banyak orang di internet. Entah apakah kampanye ini pun sebenarnya diam-diam didukung oleh Nintendo atau tidak. Tapi yang jelas, dengan banyaknya traffic dan minat terhadap kampanye ini, kedua pihak (sang entrepreneur dan Nintendo) sama-sama untung.

Sang blogger berhasil mempromosikan situsnya, wiinintendo.net sebagai sumber acuan utama berkaitan konsol tersebut. Sementara Nintendo mendapatkan promosi gratis yang menggoda.

Bagaimana nggak menggoda? Bermain game tiap hari dan menjadi bugar? Godaan besar tuh, bagi isman, eh, iman.

No comments: