Thursday, January 11, 2007

Saat Iklan Mulai Berhipnosis

Sebuah iklan di Kompas tanggal 7 Januari menuliskan berikut ini:

Jika Anda tenaga pengajar yang kami cari, Anda tentunya bersemangat, antusias, senang mengajar dan ingin penghasilan yang stabil dan karir ke depan... Anda akan mengajar siswa dari sekolah favorit dan memberikan unjuk kerja terbaik secara pribadi dan tim. Anda siap untuk menerima tantangan jangka panjang bagi kesuksesan diri Anda sendiri...
Saya sampai harus memeriksa ulang bahwa saya sedang membaca rubrik iklan baris. Bukan artikel pemberdayaan diri (self-help). Penulis iklan ini sepertinya baru membaca buku tentang tulisan yang berdaya hipnosis. Untunglah masih berfokus kepada semangat, yang memang dibutuhkan dalam bidang ajar-mengajar.

Bayangkan saja, bagaimana jika kita menggunakannya untuk iklan jual motor bekas, misalnya?
Jika Anda pembeli yang kami cari, Anda tentunya bersemangat, antusias, memiliki tujuh juta rupiah, dan ingin membeli motor yamaha bekas tahun gak jelas dari seseorang yang butuh uang... Anda akan melihat foto motor di bawah ini dan tidak akan memperhatikan bodinya yang ringsek, rodanya yang kurang satu, dan setangnya yang terpasang terbalik. Anda siap untuk menerima semua itu sebagai tantangan jangka panjang bagi kesuksesan diri Anda sendiri... Kini Anda akan segera pergi ke ATM terdekat dan mentransfernya ke nomor di bawah foto. Setelah itu Anda akan merasa mengantuk... mata Anda terasa berat ... dan saat nanti terbangun, Anda tidak akan ingat akan iklan ini.
Tapi tentu saja hal ini tidak mungkin. Teks tidak akan semudah itu menghipnosis pembacanya, kecuali--lho! Ini motor siapa? Kok ada di kamar saya? Rodanya cuman satu, lagi.

2 comments:

snydez said...

aduh..aduh..
gue terhipnosis untuk mengetik komentar...
(@_@)


:D

CacingKepanasan said...

Ha..ha..ha.. konyol :D